agakoi
Jumlah posting : 586 Age : 94 Alamat : Jl.Sukawati Kota : watampone Provinsi : Sulawesi Selatan Outlet : Murah Jaya Cell Toko : AgakoI KOMPUTER Poin : 10425 Reputation : 1014 Registration date : 24.12.08
| Subyek: Kecewa Operator, Pelanggan Internet Kabur Tue 27 Jan 2009 - 19:45 | |
| Sekitar 79 persen pelanggan internet tidak puas dengan akses layanan yang digunakannya. Berangkat dari situ, 37 persen yang kecewa akhirnya pindah layanan operator.
Demikian hasil riset Sharing Vision. Lembaga telematika ini mensurvei sedikitnya 150 responden usia produktif di Jakarta dan Bandung, sepanjang Januari 2009.
Responden yang tiap bulannya mengeluarkan Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu untuk biaya telekomunikasi ini, menggunakan akses internet Telkom Speedy (40%), Indosat M2 (16%), Telkomsel Flash (11%), Indosat 3G (11%), XL 3G (11%), Mobile-8 Fren (5%), Jalawave dan Melsa (3%), dan lainnya (3%).
"Pengakuan ini cukup mengejutkan, karena di Internet biasanya sulit sekali untuk churn," kata Direktur Riset Telematika Sharing Vision, Dimitri Mahayana, kepada detikINET, Selasa (27/1/2009).
Mayoritas pelanggan tersebut mengeluhkan koneksi yang sering putus (57%), kecepatan akses tidak sesuai janji operator (42%), mahalnya tarif langganan (23%), dan kesulitan dalam mendaftar (4%).
Menurut Dimitri, survei ini digelar secara acak untuk mengetahui respon pasar dalam menyambut kehadiran teknologi Wimax untuk akses jaringan nirkabel pita lebar, Broadband Wireless Access (BWA).
Dari 150 responden yang mayoritas mengakses internet setiap hari ini (46%), 50 persen di antaranya menggunakan komputer desktop, 29 persen pakai laptop, dan 21 persen sisanya mengakses internet lewat ponsel.
Kebiasaan mereka tiap harinya saat mengakses internet di rumah (44%), kantor (17%), Warnet (13%), hotspot (5%), dan kampus (2%), antara lain browsing (35%), mengakses email (29%), mengunduh (29%), chatting (29%), membaca berita online (9%), dan bermain game (3%).
Sementara situs wajib yang sering dikunjungi secara berturut-turut adalah Yahoo (67%), Google (65%), Friendster (50%), detikcom (34%), Facebook (31%), YouTube (23%), serta Job Seeker (9%), Game Online (3%), dan blog Wordpress (1%).(sumber detikInet) | |
|